2017 tempat wisata terbaru di jogja yang lagi ngehits wajib dikunjungi

No comments

tempat wisata terbaru di jogja yang menarik wajib dikunjungi

Tempat wisata di jogja terbaru 2017

Wisata di jogja - Wisata Seru Ke Pantai Parangtritis Jogja, Pada postingan kali ini saya akan sedikit membahas tentang salah satu objek wisata pantai terkenal di Yogyakarta yaitu pantai Parangtritis. Pantai ini merupakan pantai yang mempunyai banyak sejarah di Jogja. Pantai Parangtritis mempunyai ciri khas pemandangan alam yang berbeda pada objek wisata lainnya yaitu selain ombak yang besar juga adanya gunung-gunung pasir di sekitar pantai parangtritis yang sering disebut oleh masyarakat sekitar dengan sebutan gumuk.

Tempat wisata jogja parangtritis

Disepanjang pantai ini anda bisa melihat betapa indahnya alam dikawasan pantai ini. Ombak yang sangat besar menambah nilai tantangan tersendiri bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke pantai ini. Karena terjangan ombak yang sangat dahsyat, para pengunjung pantai parangtritis tidak direkomendasikan untuk berenang disekitar pantai. Bagi Anda para wisatawan yang menyukai petualangan, di pantai ini Anda dapat menyewa ATV atau All Teran Vechille yang bisa digunakan untuk mengitari disepanjang pantai Parangtritis yang sangat luas ini. Namun, Buat Anda yang tidak suka dengan petualangan, di sekitar lokasi pantai ini juga ada jasa berkeliling menggunakan bendi. Apa itu bendi? Bendi adalah sejenis andong yang biasa digunakan di pantai untuk muter-muter melihat keindahan disekeliling pantai Parangtritis.

Setelah wisatawan merasa sangat lelah karena habis berkeliling di kawasan Pantai Parangtritis, pengunjung wisatawan juga dapat menikmati kesegaran es kelapa muda di warung-warung sepanjang pantai. Di Sekitar lokasi Pantai Parangtritis juga menawarkan homestay dengan harga yang sangat murah dibanding dikawasan lokasi pantai lainnya.

Jadi bagi anda yang ingin mengunjungi Pantai Parangtritis ini segeralah merencanakan segala sesuatu persiapan untuk menuju dalam keindahan surga dunia di Yogyakarta. Selalu jaga kebersihan Pantai Parangtritis ketika anda berkunjung agar kita semua dapat merasakan keindahan alam secara bersama-sama dipantai ini.

Wisata pantai pok tunggal jogja

tempat wisata terbaru di jogja yang menarik wajib dikunjungi
Wisata Seru Ke Pantai Pok Tunggal Jogja, Hempasan ombak dan pemandangan pasir di tepi pantai seakan membuat hati ini terasa indah dan nyaman. Saat pikiran mulai terasa lelah dan saat hati sedang membutuhkan asupan energi saya rasa sebuah tempat yang sangat cocok untuk membuat hidup kembali menjadi membara ialah Pantai.

Magic yang ditawarkan oleh pantai Pok Tunggal adalah pasir putih yang kemilau nan Indah dimata, ombak pantai dengan dereasan yang tenan, beberapa gugusan batuan karang yang enak dilihat mata, serta tumbuhan dan pepohonan yang teduh dipinggir pantai Pok Tunggal. Sungguh terlalu sulit buat saya untuk diungkapkan dengan kata-kata bagaimana keindahan alam dari Pantai Pok Tunggal. Yang jelas di pantai ini anda akan menemukan barisan tebing karang yang berdiri kokoh disekitar pantai. Bagi anda yang suka mandi air laut maka dipantai Pok Tunggal anda bisa mandi sepuasnya dengan nuansa tebing karang serta kejernihan air di pantai ini, namun anda harus tetaplah berhati-hati menjaga keamanan anda sendiri ketika sedang mandi di pantai ini.

Sejarah atau Latar Belakang Pantai Pok Tunggal


Apakah anda tau? Kenapa pantai ini diberi nama dengan sebutan Pantai Pok Tunggal? Dari informasi yang dapatkan ketika berkunjung dari warga disekitar bahwa ada beberapa versi yang mengatakan kalau nama Pok Tunggal berasal dari nama Kelompok Tunggal, yaitu kelompok yang merintis dan mengelola wisata pantai ini. Sedangkan orang lain mengatakan  Pok Tunggal berasal dari kata Tuk Tunggal, yaitu satu-satunya tuk (sumber mata air) yang berada di dekat sebuah warung sebelah barat pantai ini. Mata air berada dibawah pohon Ambal yang airnya bersih sekali, dan kini diambil menggunakan pompa untuk kebutuhan bersama warga sekitar.

Jadi bagi anda yang ingin mengunjungi Pantai Pok Tunggal ini segeralah merencanakan segala sesuatu persiapan untuk menuju dalam keindahan surga dunia di Yogyakarta. Selalu jaga kebersihan pantai ketika anda berkunjung agar kita semua dapat merasakan keindahan alam secara bersama-sama dipantai ini.

Tempat wisata museum sandi di jogja

tempat wisata terbaru di jogja yang menarik wajib dikunjungi
Sandi merupakan kata dalam bahasa sansekerta yang artinya adalah rahasia atau menyembunyikan. Dalam kamus bahasa Indonesia diartikan sebagai rahasia atau kode. Dalam bahasa inggris sinonimnya cryptography yang artinya pengetahuan, studi, atau seni tentang tulisan rahasia. Kata sandi ini sudah digunakan sejak zaman kerajaan-kerajaan di tanah air. Sandi ini muncul tanpa disadari ketika hendak berusaha mencari jalan atau cara merahasiakan sesuatu terhadap pihak lain.

Pada era teknologi informasi modern sekarang ini, sandi justru digunakan pada beberapa kebanyakan industri teknologi untuk menjaga kerahasiaan berita atau informasi penggunanya. Tak hanya dalam industri teknologi, sandi pun hingga kini masih dikenalkan kepada adik-adik pramuka atau Hizbul Wathan sebagai salam satu materi pembelajaran. Karenanya, sandi merupakan hal yang penting meskipun zaman sudah berubah serba teknologi.

Di Indonesia terdapat sebuah museum yang menyimpan beberapa peninggalan bersejarah tentang sandi. Museum Sandi  ini yang terletak di Jln Faridan Muridan Noto Nomor 21, Kotabaru, Yogyakarta. Museum ini diresmikan pada tanggal 29 Januari 2014 oleh Kepala Lembaga Sandi Negara RI Mayor Jenderal TNI. Dr.Djoko Setiadi, M.Si. dengan Gubernur & Wakil Gubernur yogyakarta Sultan Hamengku Buwono X dan KGPAA Paku Alam IX. Sebelumnya , Museum Sandi yang didirikan atas prakarsa Kepala Lembaga Sandi Negara dan Sri Sultan Hamengku Bawono X pada tahun 2006. sempat terkendala dalam pembangunan akibat bencana gempa pada bulan Mei 2006, hingga akhirnya di resmikan pada tahun 2008.

Koleksi museum sandi yogyakarta

Koleksi yang dimiliki oleh Museum Sandi ini tentunya tidak jauh dari berbagai hal tentang sandi, seperti:

# Ruang Introduksi (audio visual) berisi pengantar ilmu tentang sandi dari masa mesir kuno hingga sekarang
# Replika rumah tempat kamar sandi pertama di Indonesia
# Barang-barang mesin atau peralatan sandi
#Dokumen buku kode, lembaran kertas sandi, dll
# Gambar-gambar napak tilas sandi (peta), foto, lukisan (kegiatan sandi)
# Diorama berupa suasana di Pedukuhan Dukuh, kegiatan kurir sandi
# Hall of Frame (Ruang Tokoh) yang berisi tentang orang-orang yang pernah berjasa terhadap persandian Indonesia
# Fasilitas multimedia berteknologi touchscreen

Terkait biaya masuk museum, jangan khawatir. Untuk masuk museum ini, pendatang hanya diberikan sebuah buku tamu jadi tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun untuk masuk. Museum tepatnya buka dari hari Senin sampai Jumat jam 08.00 WIB. Tapi, jika ada wisatawan yang ingin berkunjung pada hari sabtu atau minggu bisa saja namun harus ada konfirmasi dulu sebelumnya.

Tempat wisata jogja pantai kukup

tempat wisata terbaru di jogja yang menarik wajib dikunjungi
Pantai Kukup adalah pantai yang terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, JOGJA yang jaraknya kira-kira 1km disebelah Timur Pantai Baron. Pantai Kukup memiliki keindahan biota laut yang beragam. Berbagai macam ikan hias air laut yang indah ada di pantai ini. Di pantai ini, Anda akan menemui berbagai makhluk laut seperti ikan hias, belut laut, bintang laut, dan sebagainya.

Pantai Kukup menyimpan eksotisme gua-gua karang yang teduh yang cocok untuk dijadikan tempat berteduh apabila terik pantai sudah mulai menyengat dan hampir serupa dengan di bibir pantai, gua ini juga menyajikan biota laut yang terdapat di genangan air yang memasuki gua.

Bagi Anda yang hobi memancing, Pantai Kukup cocok bagi Anda. Di Pantai ini, Anda yang hobi memancing akan dengan mudah mendapatkan ikan-ikan yang hidup dilingkungan pantai yang juga merupakan percontohan penataan kawasan wisata pantai di Yogyakarta ini. Jika Anda datang pada bulan Sura, Anda juga dapat melihat penduduk setempat melakukan ritual sedekah laut atau biasa disebut sebagai labuhan.

Wisata jogja pasar pasty

tempat wisata terbaru di jogja yang menarik wajib dikunjungi
Awalnya pasar satwa berada di kompleks Taman Sari yang lebih dikenal dengan nama Pasar Ngasem. Pasar Ngasem menjadi pusatnya perdagangan satwa di Yogyakarta. Lokasinya yang strategis membuatnya sangat ramai dikunjungi dan menambah ketenarannya. Berbagai macam satwa diperjual-belikan di pasar ngasem dari ikan, burung, hingga kucing. Namun yang menjadi primadona adalah satwa burung. Sejarahnya Pasar Ngasem adalah pasar burung pecahan dari Pasar Beringharjo yang mulai mandiri sekitar tahun 1960. Versi lain menyebutkan pasar burung ini sudah ada sejak 2 abad silam terbukti dengan foto tahun 1809 yang berjudul “Djogdja Tempo Doloe” yang memperlihatkan aktifitas perdagangan burung di pasar ngasem. Tapi apapun itu, Pasar Ngasem tetaplah menjadi surganya para pecinta burung hias.

Lambat laun, pasar ngasem semakin ramai dan penuh sehingga membuat pemerintah daerah melakukan tata kota baru. Pada tanggal 22 Maret 2010 Pasar Ngasem resmi pindah ke jalan Bantul dan digabungkan dengan Bursa Tanaman Hias yang lebih dulu berdiri disini. Prosesi kepindahan pasar ngasem ke jalan Bantul diwarnai dengan boyongan pedagang dengan konsep kirab budaya. Dan secara resmi dibuka pasar baru dengan nama Pasar PASTY.
Pasar PASTY Dongkelan Yogyakarta Lebih Dari Sekedar Pasar Satwa

Ketika melewati jalan Bantul di desa Dongkelan mata anda pasti akan tertuju pada 2 buah gapura raksasa yang saling berhadap-hadapan di kanan dan kiri jalan bertuliskan Pasar PASTY dengan ornamen dedaunan raksasa. Di sebelah timur jalan adalah Pasar PASTY zona satwa sedangkan sebelah barat adalah zona tanaman hias. Sebenarnya ada satu gapura lagi di sebelah zona tanaman hias yaitu zona ikan hias. Tetapi ukurannya agak kecil sehingga tidak terlalu terlihat.

Sesaat setelah memasuki gapura timur, ada satu hal yang berubah. Tadinya yang terdengar adalah gemuruh kendaraan bermotor tiba-tiba berubah menjadi riuh berbagai macam suara burung. Berbagai burung bernyanyi seakan sedang menyambut kedatangan kita. Patung dua ekor burung yang bertengger seakan sedang mengatakan “inilah kerajaan kami”. Tidak salah jika mengatakan Pasar PASTY bak kerajaan burung bukannya pasar burung karena tempatnya memang sangat nyaman dan memanjakan para pengunjung.


Menelusuri sudut pasar, anda akan menemukan berbagai macam jenis burung hias semacam burung kenari, murai batu, perkutut, cucak rawa, burung gagak hingga burung yang sedang booming tahun 2012-2013 ini burung lovebird. Harga yang berlaku pun bervariasi dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah. Di salah satu sudut pasar terdapat lokasi yang biasa digunakan sebagai ajang pencarian bakat burung. Layaknya Indonesian Idol poluhan kontestan burung bernyanyi mengeluarkan segenap kemampuannya membuktikan sebagai yang terbaik. Burung yang paling hebat akan menjadi primadona dan memiliki banderol harga paling tinggi.


Di sudut lain anda akan mendapati sangkar ekstra besar berisi ular besar sekali, mungkin panjangnya lebih dari 5 meter dan beberapa ekor burung serta ayam kalkun. Menarik untuk dilihat mana yang lebih hebat antara ular raksasa atau ayam raksasa. Apakah ular yang makan kalkun atau kalkun yang makan ular? Just kidding. Mereka berada di sangkar yang berbeda.

Selain bermacam burung di Pasar PASTY zona satwa juga diperjual belikan satwa lain seperti ayam, kucing hingga hewan lucu yang suka makan biji bunga matahari, tikus hamster. Layaknya pusat perbelanjaaan Pasar PASTY memiliki beberapa fasilitas penunjang lain seperti taman permainan anak dan zona makan-makan pastinya.


Beranjak ke zona tanaman hias, anda akan merasakan sensasi berada di taman yang sangat indah dengan berbagai macam tanaman hias. Tanaman buah, bunga, hingga rumput-rumputan akan menghiasi pandangan anda. Bunga warna-warni ditata sedemikian rupa sehingga menghasilkan paduan warna yang sangat indah. Rumput-rumput hias tertata rapi memanjakan mata membuat kita lupa bahwa itu berasal dari bangsa rerumputan. Ada satu hal yang menarik dari salah satu tanaman disini. Pohon kaktus dengan bentuk yang monoton dan batang berduri yang membosankan dihias menjadi tanaman hias yang sangat cantik. Entah mimpi apa si pohon kaktus itu sehingga tiba-tiba dirinya tampak sangat cantik seperti anak TK habis mandi dan berdandan menggunakan pakaian yang berwarna-warni.

Berjalan ke Pasar PASTY zona ikan hias yang akan kita temui adalah, ikan tentu saja. Berbagai ikan hias berwarna-warni membuat kita betah merunduk memperhatikan akuarium yang berjajar-jajar. Ikan air tawar menjadi menu utama disini. Loh..?? Harga ikan yang diperdagangkan cukup murah, hanya dengan beberapa lembar kertas bergambar Kapitan Pattimura, anda sudah dapat membawa ikan hias ke rumah.

Wisata Yogyakarta Pantai Krakal

tempat wisata terbaru di jogja yang menarik wajib dikunjungi
merupakan salah satu pantai yang berada di sepanjang garis pantai Kabupaten Gunung Kidul. Tepatnya berada di desa Ngestirejo, kecamatan Tanjungsari, Gunung Kidul. Pantai Krakal berdampingan dengan pantai lain seperti pantai sundak dan pantai indrayanti yang berada di sisi timur. Anda cukup merogoh kocek sebesar dua ribu rupiah per orang, seribu rupiah untuk kendaraan bermotor roda dua dan dua ribu rupiah untuk kendaraan roda empat untuk menikmati keindahan alam Pantai Krakal.

Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta terkenal dengan pantainya yang berpasir putih, tak terkecuali di Pantai Krakal. Sekilas semua pantai di Gunung Kidul hampir sama dengan pasir putihnya. Namun apa yang membuat Pantai Krakal berbeda dengan pantai lain? Pantai Krakal memiliki bentangan garis pantai yang sangat panjang, mungkin terpanjang di Gunung Kidul. Dengan ombak yang tidak terlalu besar menjadikannya wisata pantai yang wajib anda kunjungi. Sebenarnya pantai selatan memiliki ombak yang sangat dahsyat, namun berbeda dengan pantai-pantai di sebelahnya, pantai krakal memiliki karang yang sangat besar terbentang sepanjang pantai dari bibir pantai mejorok hingga ke tengah lautan. Inilah yang membuat deburan ombak di pantai krakal bagaikan angin yang berhembus sepoi-sepoi.

Gazebo di Pantai Krakal Yogyakarta

Jika berkunjung ke pantai krakal, anda tak perlu takut jika bermain air laut. Anda dapat bermain sepuasnya disini. Jika air sedang surut anda dapat berjalan-jalan di atas karang putih menikmati indahnya laut selatan. Beberapa ikan akan terperangkap di lubang-lubang karang, jika membawa jaring tangan, saatnya berburu ikan. Tetapi hati-hati jangan sampai merusak karang, mari kita jaga keindahan ekosistem laut Indonesia.

Dibalik Batu Karang Pantai Krakal Yogyakarta

Pantai Krakal memiliki dua buah karang hitam yang menjulang tinggi sebagai pembatas dengan pantai sebelahnya. Meskipun statusnya sebagai batu karang namun tidak membuatnya setandus yang kita bayangkan. Kedua batu karang ini ditumbuhi berbagai macam tanaman pantai, sebuah perpaduan kekuatan dari karang yang hitam dan kesuburan dari tanaman hijau menjadikannya terlihat sangat eksotis menghiasi bibir pantai putih.

Diantara kedua karang anda dapat menikmati keindahan pantai ini dengan bersantai di gazebo yang disediakan untuk para wisatawan. Tersedia juga warung-warung yang berjajar di pinggir pantai untuk menikmati makanan dengan background bentangan pasir putih pantai krakal.

Batu Karang Pantai Krakal Yogyakarta

Jika anda masih penasaran dengan pemandangan pantai selatan, anda dapat naik ke batu karang sebelah barat. Di batuan karang ini sudah disediakan jalan setapak untuk menaiki gunung batu ini. Tetapi hati-hati, tanaman yang tumbuh memiliki daun yang berduri tajam. Bisa-bisa kulit anda tergores karenanya. Dari atas batuan karang hitam anda akan disuguhkan pemandangan elok pantai selatan dari ketinggian.

Sisi Barat Pantai Krakal Yogyakarta

Tahukah anda, sebelah barat batu karang masih ada pantai kecil dengan suasana yang tak kalah indah dengan pantai induknya? Pantai ini masih satu wilayah dengan pantai krakal, hanya dibatasi dengan sebuah batu karang. Jika ketika naik batu karang melewati sisi timur maka tak ada salahnya turun lewat sebelah barat. Anda akan disuguhkan pemandangan pantai krakal kecil di balik batu karang. Sebenarnya tanpa melewati batu karang kita juga bisa langsung menuju pantai ini dengan menyusuri pasir putih ke arah barat. Pemandangan yang tampak tak kalah indah dan sangat asri dengan berbagai tanaman pantai plus ombak landai bening menerpa kaki kita.

Jadi tunggu apa lagi, jika ada waktu luang sempatkan berkunjung di Pantai Krakal dengan bentangan pasir putih sepanjang pandangan mata.


Comments